Selasa, 01 Oktober 2013

Grisaia no Kajitsu (Visual Novel) Review part 1

Review Visual Novel Grisaia no Kajitsu part 1




Sinopsis

Grisaia no Kajitsu pada dasarnya itu menceritakan tentang sebuah sekolah khusus. Kalo di lihat sepintas, sekolah ini menyediakan semua sarana pembelajaran terbaik.  gedung sekolahnya bagus banget, semua sarana prasarana lengkap, ada dormitory buat siswanya, kepala sekolahnya cantik pula :p.

yang agak unik dari sekolah ini adalah siswa-siswanya. Semua siswa di sekolah ini, punya semacam “keadaan khusus”. Ya, baik itu yang keliatan terang-terangan, ataupun yang gak keliatan sepintas. Dengan kata lain, bisa dibilang sekolah ini merupakan institusi kejiwaan yang dibuat khusus untuk orang-orang berkeadaan “khusus”. Termasuk si Protagonis kita.
Pada dasarnya, di grisaia no kajitsu, semua route terbagi jadi dua cerita. Cerita si heroine di masa sekarang (tentunya tentang si heroine dengan protagonis) sama cerita masa lalu heroine nya itu sendiri (flashback).

Kalo dari segi BGM sih menurutku biasa aja, Cuma di bagian-bagian yang pake piano itu ngena banget. Pas sama suasananya. Yang agak menarik perhatian itu openingnya, “Shuumatsu no fractale” yang dinyanyiin sama Faylan. Enak euuuy~

Kalo dari sistem, yaaa biasa aja sih. Semua feature-feature standar ada. Oia, extra (semacam gallery, music dan ehem.... H scene replays) baru bisa dibuka setelah namatin paling nggak 1 rute.

Nah, sekarang mari kita bahas masalah rute masing-masing heroine.
Aaah, sebelum kalian mulai baca, pengen ngasih tau aja, aku nulis urutan ini bukan berdasarkan ‘enforced playing order’. Di grisaia gak ada gitu-gitu, bebas aja mau maenin yang mana. Aku bikinnya berdasarkan yang mana duluan aku maen.

Btw karena aku lupa cara bikin spoiler, spoiler-spoiler ku ketik pake font warna putih :p


Amane

Amaneeee~ tipe older sister yang agak-agak slutty wahahaha....
To the point aja ya, menurut aku sih ini rute paling disturbing dari semua rute yang ada di grisaia. Sekaligus rute yang sama-sama menyayat hati baik good endingnya maupun tragic endingnya. Rute nya amane ini kira-kira ¾ nya berisi flashback yang super panjang bernama “Angelic Howl”.
Sejujurnya aku bingung seberapa banyak yang bisa aku ceritain sebelum masuk ke kategori spoiler.  Di rute ini, Yuuji (nama protagonis kita) gak terlalu digambarkan ke-imba-an nya. Rute ini lebih fokus ke flashback nya si Amane dan ke-imba-an Kazuki, kakaknya Yuuji, soalnya. Dan, entah kenapa aku ngerasa flashback itu lebih depressing dari hampir semua VN yang pernah aku baca. Kalo kalian seneng baca novel tentang survival, atau tentang terdampar gitu-gitu, aku jamin rute ini gak bakal mengecewakan. Ke Epic-an chapter flashbacknya Amane ini gak bisa digambarkan dengan kata-kata. Kalian harus maen sendiri... Ah iya, aku saranin di bagian-bagian akhir “Angelic Howl” jangan dimaenin sambil makan J
Kalo di bagian yang main storynya (bukan flashbacknya), sejujurnya aku ngerasa agak aneh sama rute Amane. Apa-apaan, masa seorang Yuuji, sniper  super imba bisa dipermainkan sama pemburu beruang ??? yang bener aja. Di rutenya Makina, diceritain kalo si Yuuji trainingnya aja ngabisin dana $60.000 per tahun apa perbulan gitu. Masa dengan gampangnya nyaris rata sama pemburu beruang ?!?!? srsly, WTF?!!?!
Tapi overall, menurutku rute Amane ini kedua paling keren dari semua rute di grisaia. Thumbs up lah..
Oke, itu aja menurut aku. kalo dari endingnya sendiri sih, aku lumayan suka endingnya Amane. Bener2 heartwarming bikin uguuu~ Btw cucunya Amane sama Yuuji imut bgt :3.



Yumiko


Yaak selanjutnya Yumiko. Sebenernya sih aku awal-awal mau maenin rute Yumiko duluan, tapi ngerasa kasian sama Amane..... jadi entah bagaimana tau-tau aku masuk rute Amane hahah.

First impressionku sama Yumiko itu “anjrit, kuudere psycho”.... Gimana nggak, baru ketemu langsung ngejer-ngejer Yuuji pengen disabet pake cutter O.o

Dari semua heroine di grisaia, Yumiko ini menurutku yang masalahnya paling biasa, maksudnya di cerita-cerita lain kadang udah ada masa lalu cewek yang kayak gini, gak bener-bener unik gitu. Tapi yang membedakan itu cara si penulis ngebawain cerita ini.

Beda sama rute Amane, di rute Yumiko perannya Yuuji sebagai “special agent” lebih keliatan. Selain itu, rute ini lumayan seimbang bobotnya antara cerita flashbacknya sama cerita utamanya. Memang sih flashbacknya gak seunik heroine lain. Tapi pas diceritain sendiri entah kenapa menurutku ini yang paling kena. Mungkin karena situasinya si Yumiko seolah lebih mungkin terjadi ke kita, gak se unik situasi-situasi heroine lain, makanya aku jadi bisa merasa lebih simpatik sama dia. Apalagi pas diceritain saat-saat terakhir ibunya si Yumiko. Anjriiittt nusuk cuuuy.... perasaan setiap semua udah mau membaik selalu aja ada yang ngehancurin hidupnya dia lagi. Kesian.... :(


Kalo dari segi ending..... naaah ini, menurutku endingnya Yumiko yang paling indah dari semua ending heroine lainnya. Semua masalah selesai, semua orang bahagia :D. Paling heartwarming dari semua ending. Bener-bener berasa kayak minum secangkir teh hangat setelah pulang kerja seharian.

     
eeerr, berhubung ini hari kerja dan aku mesti bangun pagi-pagi banget besok, sampe sini dulu aja yakk. Soriiiiii .... >.< Besok-besok 3 rute selanjutnya menyusul deh. Makasih yakk buat yang udah mau baca sampe sini. Kalo ada salah-salah kata harap dimaafkan.
Love you guys J (Rozkratz)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar