Minggu, 23 September 2012

Fakta Unik Burung Hantu

Burung yang satu ini memang eksis banget di malam hari. Bila burung lain biasa melek di siang hari, burung hantu justru tertidur pulas dan baru aktif saat matahari terbenam. Nah, karena pola hidupnya cukup unik, yuk langsung saja kita kulik kehidupan menarik dari burung berwajah lucu ini.    




  • Meskipun berbola mata besar, tapi burung hantu tidak dapat memutar-mutar bola matanya seperti kita. Sebagai gantinya, ia dapat memutar lehernya hingga 180 derajat, untuk mengikuti gerakan mangsa yang diincarnya.
  • Dalam hal penglihatan, burung hantu mampu melihat 100 kali lebih peka dibandingkan manusia. Hal ini disebabkan oleh selaput bening yang menutupi seluruh bola matanya.
  • Sayap burung hantu sangat halus bagaikan kapas. Fungsinya dapat meredam bunyi. Hal inilah yang membuatnya tidak berisik saat terbang, sehingga memudahkannya dalam berburu mangsa.
  • Berbeda dengan burung lain yang memiliki mata di samping, burung hantu justru memiliki mata yang hampir mirip dengan manusia, yaitu mengarah ke depan. Makanya banyak yang menyebutkan kalau burung hantu memiliki wajah yang rata.
  • Makanan burung hantu adalah binatang, seperti serangga, tikus, kodok dan lainnya. Karena tidak memiliki gigi, ia harus menelan bulat-bulat makanannya setelah dicabik oleh paruhnya. Makanan yang tidak bisa dicerna seperti tulang dan bulu akan dimuntahkannya kembali.     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar