Kamis, 04 Oktober 2012

Debuntante Ball - Sweet 18 Party


Debutante Ball di Filipina: Sweet 18 Party
Gadis Ngobrol

Debutante Ball merupakan sebuah pesta dansa megah yang awalnya diselenggarakan oleh kaum bangsawan Inggris. Dahulu, inti pesta dansa ini adalah memperkenalkan para Debutant, yaitu cewek yang mulai beranjak dewasa. Supaya, mereka dikenal dan bisa mendapatkan jodoh dari sesama kalangan atas. Hingga kini, Debutante Ball masih berlangsung di beberapa negara, dengan gaya dan tujuan yang beragam. Salah satu yang terkenal adalah Debutante Ball di Filipina.       

Kalau di Filipina, Debutante Ball justru diadakan dalam rangka perayaan hari ulang tahun ke-18 seorang cewek. Soalnya, umur 18 dianggap sebagai sebagai langkah awal menuju kedewasaan. Uniknya, dalam acara ini semua serba menggunakan angka 18. Misalnya, acara dibuka dengan iring-iringan 18 orang cowok, yang terdiri dari teman dan anggota keluarga dari si cewek.

Kemudian, ada pula prosesi yang disebut dengan 18 candles.  Di situ, 18 orang perempuan termasuk mama dan sahabat si cewek, akan membawa lilin. Lalu yang berulang tahun akan meniup semua lilin-lilin ini sembari make a wish.

Acara dilanjutkan dengan sesi 18 roses, dimana 18 orang laki-laki membawa mawar dan menyerahkannya pada si cewek. Salah satu dari ke-18 cowok ini adalah ayah dari si cewek yang berulang tahun. Setelah sang ayah memberikan bunga, mereka berdua akan menampilkan father & daughter dance. So sweet, ya? 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar