Jumat, 05 Oktober 2012

Roti Bertabur Emas



Barfi, Roti Bertabur Emas
Gadis Ngobrol

Keju, meses, dan selai adalah topping yang biasa temukan pada kue. Tapi selain itu, ada juga kue Barfi asal India yang dilapisi emas sebagai topping-nya. Uniknya lagi, topping emas ini bukan sekedar hiasan, tapi juga bisa dimakan!

Barfi adalah kue manis asal India yang terbuat dari bahan dasar susu. Kue ini memiliki beberapa lapisan yang antara lain berisi kacang-kacangan dan beberapa jenis buah, seperti mangga dan kelapa. Tapi yang nggak boleh ketinggalan dalam pembuatan barfi adalah lapisan atasnya yang mesti terbuat dari emas atau silver. Terutama, dalam acara kenegaraan atau momen-momen khusus, bagian atas barfi selalu dioles dengan campuran emas murni dan susu kental manis.

Selain bercampur dengan emas, kue asal negeri Taj Mahal ini, juga tersedia dalam beragam bentuk, rasa dan warna yang menarik. Contohnya, Barfi warna hijau karena mengandung kacang pistachio, Barfi berwarna putih karena campuran kacang almond, Barfi berwarna krem karena campurannya keju, dan Barfi warna keemasan karena ada kandungan emasnya. Di negara asalnya, kue ini merupakan cemilan manis yang paling populer dan bisa ditemukan dengan mudah di berbagai Mithai (toko camilan khas India).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar