Jumat, 05 Oktober 2012

Plain of Jars


Plain of Jars di Laos
Gadis Ngobrol

Di negara Laos, terdapat dataran luas di daerah bernama Xieng Khouang dimana terdapat ratusan guci kuno peninggalan masa megalitik. Guci kuno ini cukup unik. Mulai dari jumlahnya yang banyak banget sampai ukurannya yang di atas ukuran guci normal. Di samping kedua hal itu, masih banyak misteri yang menyelimuti benda pra sejarah yang usianya mencapai 3000 tahun ini.

Sejarah guci ini bisa muncul di dataran Xieng Khouang pun masih jadi misteri sampai sekarang. Banyak ahli yang melakukan berbagai penelitian tentang guci ini, untuk menemukan siapa pembuatnya dan fungsinya. Para ahli pun yakin bahwa guci ini dibuat oleh suku asli Laos yang tinggal di dataran itu ribuan tahun yang lau. Berdasarkan ukiran dan tata letak guci serta barang-barang yang ditemukan di sekitarnya, banyak yang percaya bahwa ladang guci ini merupakan tempat pemakaman.

Nah, karena fungsinya sebagai tempat pemakaman inilah yang bikin ladang guci ini terkesan angker. Banyak penduduk dan pengunjung yang mendengar suara aneh di sekitar guci-guci tua. Kemudian saat masa perang Vietnam, dataran ini pernah dibom oleh tentara Amerika. Tapi anehnya, meskipun sudah dijatuhi puluhan bom, guci-guci ini nggak ada yang rusak satu pun. Kabar yang nggak kalah menyeramkannya adalah cerita tentang seringnya pesawat tempur jatuh di daerah ini dan ada sekolampok tentara yang pernah menghilang di sekitar guci-guci tersebut. Hiiiy! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar